Selamat datang di blog saya, semoga blog ini bermanfaat bagi yang mengunjunginya. amin.

Rabu, 19 Juni 2013

Kendala Masyarakat Transmigran

Solusi agar pemerataan dan keseimbangan dalam penyebaran penduduk maka salah satu jalan dalam mengatasi masalah kependudukan ialah dengan mengadakan transmigrasi. Transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain dalam wilayah Indonesia umumnya orang-orang yang mengikuti program transmigrasi berasal dari Jawa, Madura, dan Bali, mereka biasanya ditempatkan di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, Maluku, Irian Jaya, dan Nusantara.
Pulau Kalimantan yang merupakan salah satu pulau besar di Indonesia dan memilki jumlah penduduk yang relatif sedikit menjadi salah satu tempat tujuan transmigrasi. Wilayah ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan pertanian, dengan lahan yang masih luas dan tanah yang subur terbuka peluang untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik bagi para transmigran.

Pemerataan penduduk melalui transmigrasi dianggap penting mengingat kekayaan alam yang merupakan modal pokok dalam pembangunan nasional, yang masih terpendam dalam bumi Indonesia belum dapat dimanfaatkan secara optimal. Pembangunan di bidang transmigrasi sangat erat hubungannya dengan pembangunan daerah, baik di daerah asal maupun daerah penerima. 


Namun banyak yang tidak betah karena kondisi alam yang tidak bersahabat atau dengan kata lain tidak mampu menyesuaikan diri dengan alam. Hal ini mungkin dikarenakan sebagai berikut :
-   Kurangnya kerja sama antara pemerintah setempat dengan DISNAKERTRANS sampai pada pengadaan fasilitas di lokasi tanpa sepengetahuan camat setempat.
-    Masyarakat trans terlalu terkontaminasi dengan masyarakat lokal, dalam hal ini adalah kebiasaan hidup santai dalam artian bahwa ketika ada uang maka mereka malas kerja, nantilah setelah habis uang itu baru mereka bekerja lagi.
-    Terkait dengan persengketaan lahan antara warga trans dengan pihak kehutanan, pihak pemerintah lokal dalam hal ini camat menghimbau kepada warga untuk tidak khawatir dan pihaknya berjanji untuk membebaskan lahan tersebut untuk warga trans.
-      Hubungan sosial tejalin dengan harmonis
-     Kesejahteraan masyarakat trans dapat dianggap sudah mapan artinya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari karena mempunyai pendapatan antara Rp 900.000 s/d Rp 1.200.000 perbulannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management