Selamat datang di blog saya, semoga blog ini bermanfaat bagi yang mengunjunginya. amin.

Selasa, 02 Juli 2013

Kemenakertrans Terus Asah Jiwa Wirausaha Transmigran

JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan pada tahun ini dapat memberdayakan 40.704 kepala keluarga di permukiman transmigrasi (kimtrans) di 213 lokasi. Tak hanya itu, kementerian yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu juga akan menguatkan kemampuan wira usaha para transmigran.
Dirjen Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT) Kemenakertans, Rosari Tyas Wardani, Senin (4/3) mengatakan, pembinaan kelembagaan terhadap Himpunan Wirausaha Ketransmigrasian (HWK) itu dilakukan untuk menggandeng bantuan pendanaan. "Pembentukan kelembagaan wirausaha ketransmigrasian ini menjadi jawaban pengembangan wirausaha khusus di kawasan transmigrasi dan permukiman di sekitarnya," ujarnya.
Melalui HWK, para transmigran akan mendapat pembinaan dan pendampingan agar memiliki kemampuan berwirausaha. Selain itu, penduduk di sekitar kawasan transmigrasi juga akan mendapat pengetahuan dalam mengembangkan kewirausahaan.
Rosari menambahkan dengan pembinaan dan pendampingan lembaga HWK itu pula maka para transmigran diharapkan mampu menghasilkan produk olahan dari hasil pertanian dan perkebunan yang ada. Hasil olahan itu di antaranya berupa makanan coklat, makanan dari bahan baku beras, jagung dan juga hasil perkebunan rotan, serta batik.
“Wirausaha transmigrasi tidak hanya memberikan penghidupan bagi masyarakat transmigran dan penduduk sekitar kawasan, tapi juga mengeliminir potensi konflik,” ungkapnya.(fat/jpnn)

sumber : http://bto.depnakertrans.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management